16 Maret 2012

PEMBIBITAN JAMUR TIRAM SKALA RUMAH TANGGA



Meskipun secara teoritis dan unsur idealisnya pembibitan dilakukan dengan prinsip mikrobiologi yang aseptis dalam laboratorium, namun tidak tertutup kemungkinan bahwa pembibitan jamur dapat dilakukan untuk skala rumah tangga di dapur.
Ya, dari dapur anda sendiri dapat menjadi pabrik yang merupakan cikal bakal ratusan botol bibit produksi jamur tiram. Kalau dirunut, jika kita berhasil membuat satu saja botol bibit PDA jamur tiram.., kita bisa menghasilkan 30 botol F1 untuk menjadi 1500 botol F2 yang bisa menghasilkan 60.000 baglog jamur tiram.

Hanya saja perlu diingat bahwa prinsip kebersihan dan kehati-hatian tetap menjadi poin penting dalam pengerjaan pembibitan ini. Nah, selanjutnya apa saja yang diperlukan untuk memulai pembibitan jamur dari dapur sendiri?

Yang pertama adalah pembuatan media agar kentang (PDA). Anda hanya perlu menyiapakan kompor, panci untuk merebus potongan kentang sebanyak 200 gr untuk 1 L media. Setelah itu air rebusan kentang ditambahkan 20 gr gula dan 20 gr agar-agar tanpa warna untuk didihkan kembali.
Setelah mendidih larutan dituang sebanyak 10 ml ke dalam botol  kaca bening bekas obat, madu atau vitamin (Catatan : sebelum dipakai botol dicuci bersih dan dipanaskan dalam air mendidih 10 menit).

Selanjutnya botol disumbat kapas dan alumunium foil atau plastik. Botol botol tersebut kemudian disterilisasi menggunakan panci presto bertekanan. Panci presto ini sama dengan panci presto untuk ayam atau ikan, harga sekitar 300rb tergantung merk. Idealnya menggunakan autoklaf yang harganya mencapai 2 juta untuk spesifikasi standar. Lama sterilisasi media dalam panci presto adalah setelah air dalam presto mendidih dan menghasilkan uap bertekanan yang ditandai panci berbunyi, pertahankan kondisi ini selama kurang lebih 45menit-60menit hingga yakin benar kondisi sudah steril.
Setelah itu, jangan langsung dibuka, biarkan agak dingin dahulu. Keluarkan botol-botol tadi dan letakkan dalam posisi miring/tidur agar cairan bisa melebar dengan tujuan memperluas areal permukaan media. Perhatikan jangan sampai cairan mengenai kapas, karena dapat memicu kontaminasi.


Persiapan Inokulasi PDA :
Yang perlu disiapkan adalah :
1. Ruang inokulasi berupa tempat tertutup dan steril, dapat dibuat dari kayu ukuran 0,7mx2mx0,5m, atasnya diberi kaca. Kondisi dalam dilapisi dengan tripleks melamin putih agar bersih dan steril. Bisa juga menggunakan akuarium bekas yang dimodifikasi.
2. Jarum/pinset dari stainlesssteel
3. Bunsen atau kompor spirtus (dapat di beli di apotek atau membuat sendiri dari tabung wadah kaca yang diberi sumbu)
4. Kapas steril (dapat dibeli di apotek)
5. Korek
6. Alkohol (dapat dibeli di apotek)
7. Gelas steril (cara mensterilkan dengan direbus dalam air mendidih selama 10 menit)

Langkahnya adalah :
1. Semprot kotak inokulasi atau meja inokulasi dengan alkohol, diamkan kurang lebih 20 menit.
2. Masukkan semua alat ke dalamnya.
3. Semprot tangan dengan alkohol.
4. Siapkan jamurnya. Pilih jamur yang berumur 3-4hari, bersih, tidak basah, memiliki batang tunggal yang
5. Nyalakan bunsen, lalu ambil jarum/ganggang stainless tadi dan panaskan ujung ganggang tadi di api bunsen hingga panas dan berwarna merah. Ini gunanya untuk mensterilkan dan membunuh kuman
6. Dinginkan jarum/pinset dan letakkan pada gelas yang bersih dan steril.
7. Sobeklah jamur menurut arah panjangnya, letak spora yang banyak kira-kira di dekat gagang tapi masih di tudungnya.
8. Menggunakan jarum/pinset tadi, ambil potongan kecil dari jamur seukuran kira-kira 2-3mm.
9. Ambil botol PDA dan dekatkan dengan api bunsen, perlahan bukalah kapas (semua proses harus dekat dengan api agar pasti kondisi bebas dari kuman dan bakteri), lalu masukkan potongan jamur tadi ke dalam botol PDA lalu segera tutup dengan kapas steril tadi dan juga dengan plastik dan diberi karet.                                                                                                    10. Letakkan di tempat bersih, sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung. Jika berhasil, seluruh permukaan media dalam botol akan ditumbuhi miselium putih dalam waktu 2 minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar